ASPIRASI PENDIDIKAN

Kategori

 

Arsip

 
 

Komentator

 

Pengunjung

9965
 

WISUDA AKADEMI ANALIS KESEHATAN YPM SIDOARJO 2011

SAMBUTAN PENGURUS

YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MAARIF (YPM), SIDOARJO


 

DR. H.FATHONI RODLI

Pada Pelantikan dan Penyumpahan Akademi Analisis Kesehatan (AAK) YPM Tanggal 16 Juni 2011 di Hotel Sun Sidoarjo

 

Assalamualaikum War Wab.

Kepada Yth:

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Ketua Organisasi profesi PATELKI

Direktur AAK YPM

Orang tua dan keluarga mahaiswa AAK YPM

Para mahasiswa AAK YPM yang kami cintai

 

Alhamdulillah, syukur pada Allah SWT, Tuhan YME telah memberi kesempatan pada kita sekalian untuk dapat mengikuti upacara pelantikan dan penyumpahan mahasiswa AAK YPM yang akan lulus dan memenuhi persyaratan sebagai tenaga profesi kesehatan.

 

YPM Sepanjang  mengelola 34 satuan pendidikan mulai dari Play Group, SD, SMP/MTs, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi YPM termasuk AAK YPM. Seluruh murud dan mahasiswa YPM sebanyak 17.800 orang dan guru serta dosen sebanyak 1000 orang dlam 10 kampus yang tersebar di wilayah Sidoarjo. Gresik dan Jombang

Tujuan pendirian lembaga pendidikan YPM adalah mebekali peserta didik dengan ilmu, amal dan taqwa dalam kerangka tujuan pendidikan nasional yang rahmatan lil alamin yakni menjadi rahmah bagi seluruh mahluq di alam semesta. Intinya, YPM berdakwah melalui pendidikan yang telah dilaksanakan sejak 47 tahun yang lalu. Alumninya telah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan wilayah internasional. Layanan pendidikan bervariasi seperti layanan pendidikan Reguler, Intensif, Kelas bertaraf Internasional (International class program)

 

Upacara ini penuh makna dan khidmad, karena pelantikan berarti para mahasiswa analisi kesehatan YPM telah dinyatakan lulus dalam pendidikan dan memiliki kompetensi dan kewenangan dalam tugasnya sebagai analis kesehatan. Pelantikan dilakukan oleh pejabat yang berwenang dari Kementerian kesehatan yang mendelegasikan kewwnanganya pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Setelah lulus dan bekerja di bidang kesehatan maka alumni akan menjadi tenaga profesi bidang kesehatan yang berhimpun dalam Organisasi profesi  PATELKI, dalam rangka pengembangan karir, pengembangan profesi dan perlindungan.

Setiap profesi termasuk profesi kesehatan harus memiliki 4 unsur yakni pendidikan yang sesuai dengan bidang kerja. organiasi profesi, kode etik profesi dan penghargaan atau honor. Terkait dengan pelaksanaan kode etik profesi itulah. maka para lulusan wajib bersumpah sesuai dengan agama masing-masing, Profesi kesehatan berisifat kompetensi individual dan tidak ada yang tahu selain Tuhan, jika ada kesalahan atau mal praktek. Walau sejawatnya tahu, akan ada argumentasi pembenaran terhadap kesalahan profesi. Karena itu perlu penyumpahan agar para tenaga medis tidak bohong atau curang atau maal praktek dalam melaksanakan tugasnya.

 

Bapak/ Ibu yth

Saya pernau studi banding ke perpustakaan internasional Moscow di Negara Rusia tahun 2006 lalu. Naskah asli ilmu kesehatan atau kedokteran karanga tulisan tangan Avisena atau Ibnu Sina, saya lihat dan baca sendiri dalam bahasa Arab yang ditulis pada abad kejayaan Islam sekita abad V Hijriyah. Ilmu kesehatan distrukturkan secara sistematik dalam buku The Cone of Medicine yang diterjemahkan dalam semua bangsa besar di dunia.

 

Memetik dari pengalaman itu menunjukan bahwa umat Islam pada waktu menjadipelopor keilmua bidang kesehatan dan insyaallah alumni AAK YPM dapat melanjutkan kepeloporan Ibnu Sina dalam mengembangkan layanan dan keilmuan kesehatan.

 

Fasilitas mengembangkan ilmu kesehatan tidak perlu ke Universitas terkenal di dunia, karena sekarang sudah banyak universitas yang bernaung dalam web site google atau Dokter Google, yang bisa tahu semua hal bidang kesehtan. Manfaatkan dunia maya internet untuk kepentingan ketrampilan dan keahlian kesehatan, bukan kepentingan bagian tubuh tertentu saja. alias XXX

 

Bapak Ibu dan saudara sekalian

Saat ini sedang dilaksanakan gerakan nasional pendidikan karakter di semua bidang termasuk bidang kesehatan. Ada tiha pilar pendidikan karakter bangsa tersebut, yang tidak bisa hanya dilakukan di kampus tetapi harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan, yakni alumni, orang tua. tokoh masyarakat. aparat hukum, ulama dll.

Pertama dalam pembelajaran harus dominan pada afeksi atau nilai dasar yang ada dalam mata kuliah tersebut, sehingga nilai akademis kognitif yang selama ini dominan harus dibarengi dengan nilai dasar atau katakter. Seni tari, teatrical hari ini salah wahana pembentukan karakter bangsa Indonesia, yang juga ditunjukan kesenian latar belakang lagu dari daerah2 di Indonesia. salut dan aplous utk AAK YPM.

 

Kedua Kemandirian dan daya saing harus kuat, sehingga lulusan sudah terbiasa mandiri dan dapat bersaing di setiap kesempatan baik akademis. skill dan aksesnya. Ketiga kewirausahaan, yang makna dari wira adalah berani dan usaha adalah ikhtiyar. Jadi sebagai lulusan yang terjun di masyarakat harus dapat melihat peluang dan menangkap  peluang usaha di bidang kesehatan. Oleh karena itu jalin komunikasi interpersonal dan jejaring sosial yang ada kemungkinan peluang usaha kesehatan.

 

Salah satunya yakni menjadi tenaga kesehatan di pusat kebugaran, aerobik, senam dance (ada poco2, danypm, dll) karena anatomi tubuh mana yg sehat dan kurang bisa di analisis.

Pengalaman kegiatan ekstra kemahasiswaan juga banyak menjadi jalan awal menempuh karier, walaupun terkadang kurang relevan secara langsung dengan program studi kita. contoh, lulusan IPB jadi presiden, menteri tapi jarang yang menjadi petani. Maka kami mendukung kegiatan ekstra kemahasiswaan, jika perlu seperti di SMA/ SMK YPM yang ada studi tour di jakarta, tapi kalau AAK harus beda, bukan menjadi peserta studi tour tapi  menjadi pemeran diberbagai media TV jakarta, dalam dialog publik, lomba2 tingkat nasional dll. Hari ini juga saya minta rekaman ini untuk di upload ke youtube atau ke blog, supaya menjadi contoh pendidikan karakter bangsa indonesia.  Masak kalah dengan Briptu Norman yang hanya iseng sambil jaga bisa ngetop, padahal AAK serius buat naskah, latihan dan persiapan yang serius.

 

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diamanatkan oleh para orang tua dan masyarakat dalam mendidik, membina dan mendoakan para mahasiswa, dan semoga para alumni dapat memanfaatkan  ilmunya untuk kesejahteraan dirinya, keluarganya, masyarakat dan bangsa Indonesia. Kami selalu menerima masukan dan saran yang kami tindaklanjuti dalam program pengembangan AAK YPM karena pemerintah juga mewajibkan layanan pendidikan yang bermutu, terakreditasi akademik oleh kemendiknas dan terakreditasi profesional oleh Kemenkes.

 

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada para dosen pengasuh baik langsung maupun tidak langsung, dan jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

 

Semoga kita semua mendapat pertolongan, bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT, Tuhan TME dalam melanjutkan hidup dan kehidupan mendatang.

 

Wallohulmuwafiq ila aqwamith thoriq

 

Sidoarjo 16 Juni 2011

Wassalam

Sekretaris YPM

 

DR. A. FATHONI RODLI

    

 

Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]
 

Pengumuman PPMB

 

Artikel Popular

 

Komentar Terbaru

 
 

TV Kampus Maya Onlin

 

TV YPM ONLANE

 
Home | Profil | Pengumuman

Copyright © 2011 Unair | Designed by Free CSS Templates